Posted by : Unknown






LAMBANG PANCASILA DAN ARTINYA


Pancasila adalah fondasi atau dasar negara Indonesia. Nama Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yang berarti lima dan sila yang berarti fondasi atau dasar. Pancasila memiliki arti lima dasar kehidupan berbangsa dan bernegara bagi semua orang Indonesia. Pancasila, yang terdiri atas lima sila ini, tergambar dalam perisai dari lambang negara Indonesia,yaitu Garuda Pancasila. Berikut ini menjelaskan arti dari simbol Pancasila dan Pentingnya simbol Pancasila .


Arti  lambang pancasila dari sila 1 sampai ke sila 5 

 

Simbol Pancasila Sila pertama : 
Simbol bintang dengan lima sudut melambangkan prinsip pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Bintang itu melambangkan cahaya, seperti cahaya Tuhan untuk setiap manusia. Simbol bintang juga didefinisikan sebagai cahaya yang menerangi lima dasar negara (Konstitusi, Pembacaan 45, 4), lima fitur negara (pembukaan konstitusi, Pasal 45 (2) dan lima tujuan negara (pembukaan 46 Konstitusi). warna dan berarti bahwa anugerah Allah adalah sumber segalanya.


Simbol Pancasila Sila Kedua: 
Rantai itu melambangkan prinsip kedua Pancasila, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai terdiri dari tautan yang berbentuk segi empat dan lingkaran terkait yang membentuk lingkaran. Rantai persegi panjang melambangkan manusia, sementara lingkaran melambangkan perempuan. Tautan yang saling terkait juga menunjukkan bahwa setiap orang, pria dan wanita saling membutuhkan dan perlu bersatu menjadi rantai yang kuat.


Simbol Pancasila Sila Ketiga: 
Pohon beringin melambangkan prinsip ketiga, yaitu persatuan Indonesia. Pohon beringin merupakan pohon besar yang dapat digunakan banyak orang sebagai tempat berlindung. Ini mewakili Indonesia, yang merupakan suaka dari seluruh Indonesia. Pohon beringin juga memiliki batang dan akar yang menyebar ke segala arah. Ini mewakili keragaman kelompok etnis yang bersatu di Indonesia. 


Simbol Pancasila Sila keempat: 
Kepala banteng melambangkan empat prinsip Pancasila, yaitu, orang-orang yang dipimpin oleh kebijaksanaan dalam audiensi seorang wakil. Kepala banteng melambangkan hewan sosial yang ingin mereka kumpulkan, serta diskusi di mana orang harus berkumpul untuk mendiskusikan sesuatu. 


Simbol Pancasila Kelima : 
Padi dan kapas adalah prinsip kelima Pancasila, yaitu Hak Sosial untuk semua orang Indonesia. Padi dan kapas bisa menjadi prinsip kelima karena Padi dan kapas adalah kebutuhan dasar semua orang, yaitu makanan dan pakaian, yang merupakan syarat terpenting untuk mencapai kemakmuran. Ini sejalan dengan tujuan utama dari sila kelima.

 Ini adalah penjelasan Pancasila dan maknanya. SEMOGA BERMANFAAT ...

- Copyright © RANGKING SATU - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -