Posted by : Unknown

Pengertian Ide Pokok menurut ahli dan umum


Ada berbagai informasi yang bisa diperoleh saat membaca suatu paragraf atau teks .Dari banyaknya informasi tersebut, ada informasi utama yang disampaikan dalam teks tersebut. Informasi utama disampaikan melalui ide pokok teks.

Ide pokok merupakan inti atau dasar permasalahan dari suatu teks. lde pokok berisi gagasan dasar penulis atau pembuat teks. Oleh sebab itu, ide pokok dalam teks sering juga disebut pokok pikiran atau gagasan utama teks.

Untuk dapat menentukan ide pokok pada suatu teks tulis, kita harus membaca teks dengan saksama secara keseluruhan. Setelah itu, carilah kalimat utama dari teks tersebut. Dalam suatu paragraf atau teks, ide pokok dapat dijumpai pada kalimat utama. Jika sudah menemukan kalimat utama dari teks tersebut, barulah ide pokok dari teks dapat ditentukan. Dengan mengetahui ide pokok suatu teks, kamu akan lebih mudah untuk mengetahui inti atau masalah utama yang disampaikan penulis melalui teks yang ditulisnya.

Menentukan Ide Pokok dalam Kalimat Utama

Dalam suatu paragraf atau teks tulis, ide pokok dapat dijumpai dalam kalimat utama. Kalimat utama berisi informasi utama yang menjelaskan dasar permasalahan di dalam teks. Kalimat utama biasanya terdapat di awal, di akhir, atau di awal dan di akhir suatu teks.

Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ide pokok merupakan inti atau dasar permasalahan dari suatu paragraf atau teks. lde pokok menjadi gagasan dasar dalam pembuatan sebuah paragraf atau teks dan dapat ditemukan dalam kalimat utama.

Selain kalimat utama, dalam suatu paragraf atau teks juga terdapat kalimat penjelas. Kalimat penjelas biasanya berisi informasi tambahan untuk menjelaskan lebih rinci hal-hal yang disampaikan pada kalimat utama. Kalimat penjelas dibuat untuk mendukung pernyataan yang disampaikan pada kalimat utama. Dalam suatu paragraf atau teks,kalimat penjelas dapat berisi informasi tambahan, alasan, atau sanggahan yang dapat mendukung pernyataan pada kalimat utama. Oleh sebab itu, kalimat penjelas ini juga sering disebut sebagai kalimat pendukung.

coba amati contoh paragraf berikut!

" Serangga menggunakan enam kakinya untuk bergerak. Beberapa jenis serangga menggunakan kaki mereka untuk berjalan. Ada juga serangga yang menggunakan kaki mereka untuk melompat. Selain itu, ada beberapa jenis serangga yang menggunakan kaki mereka untuk berenang dan berjalan di atas air.
Sumber: Ensiklopedia IPTEK .

Secara keseluruhan, inti paragraf tersebut adalah mengenai fungsi kaki pada serangga. Informasi tersebut dapat ditemukan pada kalimat pertama. Oleh sebab itu, kalimat pertama merupakan kalimat utama dari paragraf tersebut. Sementara itu, ide pokok dari paragraf tersebut adalah fungsi kaki pada serangga. Selain kalimat utama, ada juga kalimat penjelas dalam paragraf tersebut. Kalimat penjelas pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat kedua, ketiga, dan keempat. Kalimat-kalimat tersebut berisi informasi tambahan berupa penjelasan mengenai cara serangga bergerak menggunakan kakinya.

Mengembangkan Ide Pokok

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas ,Ide pokok merupakan inti atau dasar permasalahan dari suatu teks. Ide pokok teks menjadi dasar dalam pengembangan paragraf atau teks. Untuk membuat sebuah paragraf berdasarkan ide pokok,ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Langkah-iangkah tersebut, antara
lain sebagai berikut.

a) Menentukan topik dari paragraf yang akan dibuat.

b) Menentukan ide pokok dari paragraf atau teks yang akan dibuat.

c) Membuat sebuah kalimat yang berisi ide pokok tersebut. Kalimat tersebut akan menjadi kalimat utama dari paragraf yang akan dibuat.

d)Mengembangkan kalimat dan ide pokok tersebut menjadi beberapa kalimat.

e) Menulis beberapa kalimat yang berisi informasi-informasi tambahan untuk mendukung kalimat utama yang telah dibuat.

f) Menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf yang padu.

Menunjukkan Ide Pokok dalam Teks Percakapan .

Teks percakapan termasuk dalam teks lisan. Cara untuk menentukan Ide pokok pada teks percakapan sama dengan cara untuk menentukan ide pokok pada da teks lainnya.
Berikut adalah hal-hal yang perlu kalian diperhatikan untuk menentukan ide pokok pada teks percakapan.

1. Mendengarkan teks secara keseluruhan.

2. Mencatat informasi penting yang berisi permasalahan atau peristiwa yang terjadl

dalam teks.

3. Menentukan topik teks percakapan.

4. Menentukan kalimat utama yang menjadi inti permasalahan dari teks percakapan.

5. Menentukan ide pokok yang terkandung dalam kalimat utama pada teks percakapan .

Menceritakan Kembali Isi Teks berdasarkan Ide Pokok

Ide pokok teks dapat menjadi gagasan dasar daiam pembuatan sebuah paragraf atau teks.Kamu dapat menulis sebuah teks dengan mengembangkan ide-ide pokok teks.Selain itu, kamu juga dapat menceritakan kembali teks yang kamu baca atau dengar dengan mengembangkan ide pokok yang telah ditentukan. Berikut ini saya sudah merangkum langkah-langkah untuk menceritakan kembali isi teks berdasarkan ide pokok.
poin yang pertama adalah :

  • Catatlah informasi-informasi penting yang disampaikan dalam teks.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat ide pokok dari teks yang telah dibaca atau didengar.
  • poin selanjutnya adalah Buatlah kalimat utama yang berisi ide pokok tersebut.jika kamu sudah membuat kalimat utama yang berisi ide pokok , lalu Buatlah beberapa kalimat yang berisi informasi-informasi penting dari teks.
  • Kalimat-kalimat ini selanjutnya yang akan menjadi kalimat pengembang dari kaiimat utama yang telah dibuat.lalu kamu juga harus memperhatikan ejaan dan pemilihan kata saat membuat kalimat. 
  • setelah semua di rasa sudah sempurna maka langkah selanjutnya adalah menyusun kalimat utama dan kalimat pengembang hingga menjadi teks baru yang berurutan.











Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © RANGKING SATU - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -