Posted by : Unknown



Pengertian Bahasa  Hakikat dan Fungsi Bahasa Indonesia 


Kalian pasti bertanya apa itu bahasa?
Pengertian bahasa menurut para ahli dan umum?
Definisi bahasa?
Apa hakekat bahasa?
Fungsi bahasa itu apa?
Sejarah Bahasa Indonesia?
Oke, rangking satu kali ini akan mengulas pertanyaan-pertanyaan diatas. silahkan di baca karna saya sudah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, nah inidia penjelasannya .

Pengertian Bahasa – Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Proses ini memerlukan sebuah interaksi agar terjadi kesepahaman. Alat yang digunakan untuk berkomunikasi inilah yang dinamakan dengan bahasa. Indonesia kaya akan ragam budaya yang masing-masing memiliki ciri khas. Inilah fungsi bahasa indonesia untuk mempersatukan perbedaan yang menjadi kekayaan tak ternilai bagi bangsa ini.

Pengertian Bahasa Menurut Para Ahli
Pengertian bahasa secara umum adalah sebagai alat komunikasi yang berupa bunyi dan ujaran. Alat ini memiliki kedudukan yang sangat penting. Tanpanya, informasi tidak akan tersampaikan dengan mudah. Bisa dibayangkan jika pada zaman dahulu manusia hanya menggunakan gerakan untuk interaksi. Akan banyak keterbatasan yang terjadi. Ketidakbakuan akan menimbulkan makna yang berbeda dari sumbernya.

pengertian bahasa
Beberapa pengertian bahasa menurut para ahli salah satunya yang dinyatakan oleh Santoso. Ia berpendapat bahwa ujaran inilah yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya. Sementara Wibowo mengartikannya lebih khusus dimana bahasa adalah suatu sistem yang berupa simbol bunyi hasil dari indera ucap dan memiliki makna. Alat ini digunakan untuk berinteraksi antar manusia untuk menghasilkan gagasan dan pikiran.

Hakikat dan Fungsi Bahasa
Hakikat bahasa merupakan sebuah sistem berbentuk lambang bunyi yang bermakna arbiter dan bersifat unik serta konvensional. Tidak hanya itu sarana ini juga bersifat dinamis menyesuaikan perkembangan zaman dan universal. Jadi siapa saja bisa mengetahui dan menggunakannya. Pastinya antara satu yang lain memiliki variasi dan ciri khas. Namun, itu tidak menjadi soal karena terdapat identitas nasional yang bisa mempersatukan semua perbedaan yang ada.
Jika ditilik lebih khusus, maka pengertian bahasa indonesia lebih sebagai alat pemersatu bangsa. Ujaran yang dihasilkan merupakan hasil serapan dari dialek daerah maupun internasional. Jadi suku dari daerah lain bisa dengan mudah berinteraksi di tempat yang berbeda dengan menggunakan ujaran ini. Ada yang bersifat baku dan non baku. Adapun fungsi dari bahasa adalah :

1. Bahasa resmi negara Indonesia
Sudah diketahui sejak awal bahwa fungsi dari sarana ini adalah sebagai identitas bangsa yang tidak hanya diakui dan dihormati oleh masyarakatnya, melainkan juga dunia internasional. Wajib hukumnya bagi WNI untuk menguasai dan mempelajarinya.

2. Sarana pengembangan budaya
Pengertian bahasa secara umum memang sebagai sarana berinteraksi. Namun fungsinya memiliki cakupan yang sangat luas. Salah satunya untuk memperkenalkan kebudayaan yang dimiliki oleh bangsa ini ke dunia luar. Banyak yang merasa iri karena Indonesia memiliki banyak keragaman yang menjadikan negara ini kaya.

3. Kepentingan pembangunan nasional
Salah satu tujuan pembangunan nasional adalah mencetak SDM yang bermutu. Hal ini bisa terwujud jika manusianya memiliki kebanggaan sebagai WNI yang mengetahui identitas negaranya. Inilah yang menjadi modal utama pembangunan bangsa ini.

Ini dijadikan acuan kata baku yang akan memudahkan dalam penyusunan kerangka pikir yang sesuai dengan sistem. Dalam keseharian, kata tidak baku memang sering digunakan. Namun, untuk keperluan resmi perlu digunakan kalimat baku agar memiliki makna yang sama dan mudah dimengerti oleh semua pihak.

Setelah mengetahui tentang hakikat, fungsi, dan pengertian bahasa. Akan banyak manfaat yang diperoleh. Salah satunya kemudahan dalam mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang ada serta berinteraksi untuk menciptakan hubungan yang harmonis.

DEFINISI BAHASA INDONESIA SEBAGAI PEMERSATU BANGSA INDONESIA DAN ASAL-USUL BAHASA INDONESIA (BAHASA MELAYU) .

Bahasa Indonesia adalah bentuk standar bahasa Melayu, yang digunakan sebagai bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa kesatuan masyarakat Indonesia. Bahasa Indonesia diformalkan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia, sehari setelahnya, dengan berlakunya Konstitusi. Bahasa Indonesia adalah bahasa kerja di Timor Leste.



Dari sudut pandang linguistik, bahasa Indonesia adalah salah satu dari banyak bahasa Melayu. Dasarnya adalah bahasa Melayu Riau (sekarang Kepulauan Riau) dari abad ke-19. Dalam perkembangannya, ia mengalami perubahan melalui penggunaannya sebagai bahasa kerja di lingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses standardisasi sejak awal abad ke-20. Penamaan "bahasa Indonesia" dimulai dengan pengumuman janji pemuda pada 28 Oktober 1928, untuk menghindari kesan "imperialisme bahasa" jika nama bahasa Melayu masih digunakan. Sejauh ini, bahasa Indonesia adalah bahasa hidup yang terus menciptakan kata-kata baru melalui penciptaan dan penggabungan bahasa lokal dan bahasa asing.



Meskipun bahasa Indonesia dipahami dan dituturkan oleh lebih dari 90% orang Indonesia, bahasa Indonesia bukanlah bahasa asli bagi kebanyakan penutur. Sebagian besar orang Indonesia menggunakan salah satu dari 748 bahasa di Indonesia sebagai bahasa ibu mereka. Penutur bahasa Indonesia sering menggunakan versi sehari-hari (sehari-hari) dan / atau mencampur dialek Melayu lainnya atau bahasa asli mereka. Namun demikian, bahasa Indonesia banyak digunakan di universitas, media massa, sastra, perangkat lunak, korespondensi resmi dan berbagai forum publik lainnya. Dapat dikatakan bahwa bahasa Indonesia digunakan oleh semua orang Indonesia.
Fonologi dan tata bahasa Indonesia dianggap relatif sederhana. Menurut beberapa orang, dasar-dasar yang penting untuk komunikasi dasar dapat dipelajari hanya dalam beberapa minggu.


- Copyright © RANGKING SATU - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -